Pandemi Covid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Mayoritas publik menyatakan tidak setuju dengan kebijakan perpanjangan PPKM Darurat atau yang sempat diperpanjang pemerintah dengan mengubah menjadi PPKM degree four. Ditegaskannya, pemerintah tidak bisa membuat kebijakan sama dalam durasi yang panjang. Pemerintah harus menentukan derajat pembatasan mobilitas masyarakat sesuai dengan information di hari-hari terakhir agar pilihan yang diambil tepat, baik untuk kesehatan maupun perekonomian.

Politik PPKM

Khawatir nantinya akan ada sebutan baru ‘Emak-emak Pulang Malam’ gara-gara aturan PPKM Darurat. Tapi, itu tak terjadi di saya, karena suami sibuk banget dengan pekerjaannya,” tuntasnya. Dalam inmendagri nomor 25 tahun 2021 ada skala yang mengatur jam operasional dan penyediaan kursi meja di tempat usaha, sehingga penerapan tidak semua tempat usaha mendapat porsi yang sama. Kasi Kesos juga menyebutkan, pemerintah desa juga akan menyiapkan ruang isolasi jika memang di butuhkan. “Posko serta struktur PPKM Mikro sudah di buat, dan pemerintahan desa tentunya terus melakukan pemantauan terhadap penyebaran Covid 19 di desa Bajubang Laut,” ucapnya.

“Kalaupun komunikasi bagus, minta maaf seribu kali kek mau kemudian membuat janji-janji yang luar biasa, mau blusukan tapi kalau tetap banyak korban di warga gara-gara COVID ya komunikasi sebagus apapun tidak akan bisa meredam itu ,” kata Kunto. Ahli komunikasi politik dari Universitas Padjajaran Kunto A. Wibowo melihat Jokowi tengah melakukan langkah-langkah komunikasi politik. Jokowi tengah berusaha membangun semangat positif dengan tidak ada PPKM lagi di masa depan dan berjanji tidak ada lagi PPKM.

Jokowi sebut kebijakan PPKM Mikro bisa berjalan tanpa mematikan ekonomi rakyat. Ia juga menegaskan bahwa PPKM Mikro dan lockdown punya esensi yang sama sehingga tidak perlu dipertentangkan. Namun pemerintah sudah menguji coba pembukaan mal di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang dengan kapasitas kunjungan 25% sejak pekan lalu hingga hari ini.

Iwan juga mengatakan, pengetatan degree four akan berlaku di Bali lantaran kasus di Pulau Dewata terus meningkat. Epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia dr Iwan Ariawan memperkirakan, PPKM degree 4 diperpanjang. Apalagi beberapa wilayah seperti DKI Jakarta belum mencapai indikator degree three. Akan tetapi, kebijakan terkait pembukaan mal itu dievaluasi dan diumumkan Malam ini, bersamaan dengan pengumuman PPKM stage 4 Jawa – Bali. Penentuan perpanjangan PPKM Level four Jawa – Bali akan ditentukan Malam ini (16/8). Pemerintah Kota Yogyakarta memberikan jaminan di seluruh lini bahwa tidak ada kegiatan di masyarakat yang dapat berpotensi menghambat PPKM Darurat ini.

Yang sakit dirawat, yang sehat beraktifitas dengan protokol kesehatan, sehingga ada keseimbangan antara kesehatan dan ekonomi yang tidak mati a hundred persen. Pada aspek Penanganan, Pemerintah Kota Yogyakarta mengambil langkah dengan menambah 18 tempat tidur di RS Jogja dan Pratama, serta 63 lainnya tersebar di RS swasta. Selain itu, juga menyiapkan shelter tambahan unit isolasi terpusat di Rusunawa Gemawang, yang mampu menampung 34 pasien. Ditambah dengan isolasi mandiri berbayar di hotel yang menampung 60 kamar, yang merupakan komitmen dari pelaku usaha dalam mencegah penyebaran Covid -19 lengkap dengan unit kesehatan dan petugas medis. Penguatan isolasi mandiri di rumah perlu ditanamkan kepada masyarakat, sebab unit isolasi terpusat lebih diperuntukkan bagi yang kondisi rumah tidak layak, selain juga untuk membatasi agar tidak melebihi kapasitas shelter.