China Tegaskan Kirim Vaksin Covid

Vaksin ini akan menjadi kontribusi Tiongkok untuk memastikan aksesibilitas dan keterjangkauan vaksin di negara-negara berkembang,” kata Jiping. Made menjelaskan, vaksin ideologi yang dimaksud bisa diberikan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mengumandangkan lagu Indonesia Raya di lingkup Pemkab Banyuwangi dan di ruang-ruang publik di Bumi Blambangan sepekan sekali atau minimal sebulan sekali, yakni setiap tanggal 17. Syaiful menyesalkan tidak adanya inisiatif dan langkah cepat dari Kemdikbudristek untuk segera menindaklanjuti persetujuan vaksin untuk anak. Menurut Ketua Dewan Pembina Yayasan Perguruan Tinggi 17 Agustus 1945 Jakarta Rudyono Darsono menilai pelaksanaan vaksin berbayar tak tepat dilakukan saat ini.

Bahkan, pemerintah telah menetapkan kelompok prioritas dari kegiatan vaksinasi . Terkait dengankriteria prioritas penerima vaksin, harus dijelaskan secara terbuka oleh pemerintah, termasuk soal prioritas wilayah penerima vaksinnya. Ini menjadi masalah besar juga, karena layanan kesehatan di Indonesia sangat berbeda-beda kesiapannya. Ketua Badan Anggaran DPR RI Said Abdullah menjelaskan pemerintah memiliki tambahan anggaran untuk vaksin sebesar Rp 10 triliun pada 2021. Dana tersebut didapatkan dari dana cadangan yang berada di rekening bendahara umum negara. Said memperkirakan program vaksinasi gratis membutuhkan biaya Rp 104 triliun.

Biden mendapat tekanan dari komunitas dunia untuk berbagi surplus vaksin COVID-19 AS. “Kami membagikan dosis ini bukan untuk mendapatkan bantuan atau mengekstraksi konsesi,” kata Biden. Untuk sementara waktu, ujarnya, “manfaat vaksinasi itu jelas lebih besar dibanding risikonya,” ujar Fauci. Ditambahkannya, vaksin yang tersedia juga sangat efektif melawan apa yang disebut sebagai “varian Delta yang menyebalkan” yang pertama kali ditemukan di India dan kini menyebar luas di sebagian komunitas Amerika. Studi UI Ungkap Tak Sedikit Warga yang Percaya COVID-19 Konspirasi Elit Global Dalam studi tersebut, mayoritas warga yang percaya konspirasi COVID-19 berasal dari Bogor dan DKI Jakarta. Juga terdapat perbedaan tingkat pendidikan dan pendapatan antara yang percaya dan yang tidak.

Politik Vaksin

Tapi tentu, dengan upaya bilateral atau yang seringkali disebut dengan isu nasionalisme vaksin cenderung memunculkan persoalan kesenjangan dengan negara-negara berkembang dan negara kurang berkembang akibat keterbatasan kemampuan pembiayaannya. Saat ini, sering kali kita mendengar klaim sepihak dari perusahaan farmasi yang berlomba untuk mengatakan bahwa vaksin temuannya sudah memiliki efektivitas hingga 90%. Jadi, belum ada vaksin yang sudah disetujui dan diberikan izin oleh WHO untuk dapat digunakan oleh umum.

Aivita Biomedical Inc belum memiliki sarana produksi untuk produk biologi. CEO Aivita Indonesia mengakui akan mengimpor obat-obatan sebelum produksi di Indonesia. Hasil uji klinis tahap I yang telah dilakukan kepada hewan dilakukan di Amerika. Menurut Puan, sistem data stok vaksin yang baik tentu akan membantu mempercepat proses vaksinasi itu sendiri. “Jumlah stok vaksin itu seharusnya aman untuk beberapa waktu ke depan, tapi kalau ada laporan stok vaksin di daerah kosong, berarti ada yang harus dibenahi dalam sistem data stok vaksin,” kata alumnus Universitas Indonesia. Mantan Menko PMK ini berharap ke depan tidak ada lagi laporan tentang keterbatasan stok vaksin di daerah yang mengakibatkan proses vaksinasi menjadi tersendat atau bahkan terhenti.