Bagaimana Kondisi Politik Indonesia Di Tengah Pandemi Covid

Dengan begini, jelas kebijakan fundamental income terlihat kurang mampu menangani kondisi ekonomi di Indonesia yang nyatanya tidak hanya di sektor ekonomi, tapi banyak sektor yang terdampak karena pandemi Covid-19, tak terkecuali sektor pendidikan. New regular adalah kondisi dimana transmisi covid mulai terkendali, namun tetap ada protokol yang harus dipatuhi, jelas Hasbi Aswar S.IP., M.A., dosen HI UII mengawali sesi. Di sisi lain, Rizki Dian Nursita, dosen HI UII, berpendapat new normal sebagai bentuk adaptasi dari kebiasan dan pola-pola lama. “Dengan menerapkan new normal, ekonomi bisa berjalan dengan tetap tertib menerapkan protokol yang ada.

Dan, dari 84 partai politik yang diverifikasi itu, hanya 50 yang memenuhi syarat untuk disahkan sebagai badan hukum. Kebebasan mendirikan partai politik adalah bagian esensial dari hak konstitusional yang telah dirumuskan oleh founding fathers dalam UUD 1945. Peraturan perundang-undangan bidang politik tentu menggunakan prinsip “kemerdekaan berserikat dan berkumpul”, yang digariskan dalam konstitusi. Hal itu sejalan pula dengan pengakuan terhadap hak-hak sipil dan politik dalam instrumen hukum internasional, yang kemudian dimasukkan dalam amendemen UUD 1945 dengan penyisipan Bab XA “Hak Asasi Manusia”.

Politik masa ini

Kami menganggap soal tersebut bagian dari proses Indonesia untuk berkembang menjadi demokrasi ‘penuh’ (saat ini – berdasarkan Indeks Demokrasi yang dirilis Economist Intelligence Unit – Indonesia masih dianggap sebagai demokrasi ‘cacat’). Perlu ditekankan bahwa Indonesia merupakan negara demokrasi yang muda dan karena itu wajar kalau kadang-kadang mengalami ‘sakit tumbuh’.

Oleh karena itu, adalah wajar apabila negara membuat seperangkat aturan yang bersifat preventif dan represif mengenai bahaya yang mengancam kelangsungan hidupnya. Tetapi, hadir permasalahan terkait dengan aturan-aturan yang mengekang demokrasi dan hak asasi manusia. “Nyatanya di Indonesia kekuasaan negara sedemikian besarnya, dan dapat memaksakan kehendaknya sehingga menghambat demokrasi,” tambahnya. Pada pemilu pertama ini 39 juta rakyat Indonesia memberikan suaranya di kotak-kotak suara.

Vietnam telah menggunakan istilah ini tak lama setelah adanya penyebaran virus COVID-19. Makna dari peperangan ini adalah perlunya suatu komando dan disiplin khas perang, sehingga diharapkan adanya sebuah kepatuhan umum baik masyarakat maupun internal pemerintah sendiri, agar dapat memenangkan perang itu. Dua yang pertama telah memicu ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia untuk kembali ke jalan.

Moral adalah kesadaran hati dari tiap-tiap jiwa manusia; kesadaran hati nurani untuk menghormati dan mencintai sesama, membela kaum tertindas, bersikap altruistik dengan mementingkan kepentingan masyarakat banyak dengan mendasarkan diri pada nilai-nilai humanisme. Dengan adanya kesadaran jiwa ini maka dapat dipastikan akan terjadi pertentangan dengan sikap dan perilaku negatif. Ironisme sebagai bangsa beradab namun justru menjadi bangsa biadab dan terkorup di belahan dunia ini melanda Indonesia saat ini.

Sedangkan di belahan dunia lain seperti negara tetangga, Hangga Fathana melihat sempat ada sikap skeptis yang dilimpahkan untuk negara Australia. Pasalnya Januari lalu mereka mengalami kebakaran hutan yang luar biasa besar, bahkan tercatat menjadi yang terburuk dalam 10 tahun terakhir. “Sempat timbul polemik hebat yang disebabkan perdana menteri yang berlibur ke Hawaii dan baru kembali setelah kebakaran memburuk,” jelas Hangga. Ketua Program Studi HI UII, Hangga Fathana, S.IP., B.Int.St., M.A., berharap negara tidak melihat dengan kacamata mana yang lebih dulu. Ia hadir sebagai pelindung dan baik ekonomi dan kesehatan publik, keduanya harus diselamatkan. Ia berfungsi seperti spion dalam mobil yang tengah melaju ke depan; sesekali kita memang harus menengok ke belakang untuk memahami hal-hal apa saja yang telah kita lewati agar perjalanan menjadi nyaman.