6 Hal Yang Harus Ada Dalam Financial Plan Bisnismu

Pengusaha tidak hanya membahas aspek lingkungan inner seperti bagaimana memproduksi dan mendesain produk tetapi juga lingkungan eksternal. Mereka harus mendapatkan pemahaman mendalam tentang pasar, pelanggan potensial, lokasi bisnis, dan kondisi persaingan. Mereka kemudian melakukan riset pasar untuk membantu menjawab pertanyaan, mengapa perusahaan hadir, dan apa maksud dan tujuan bisnis.

“Dengan diadakannya kegiatan ini semoga dapat memacu diri kita untuk bekerja dengan baik dan optimal di tahun depan, tuntaskan goal output maupun end result yang ingin dicapai selama tahun 2021 ini dengan tepat waktu. Bekerja dan berkinerja dengan baik dan ikhlas agar tugas dan fungsi dari masing-masing seksi dapat terlaksana”. Membantu manajemen untuk menampung dan menganalisis serta membuat keputusan dalam aktivitas operasional perusahaan.

Penghasilan habis untuk kegiatan konsumtif bahkan utang kartu kredit pun mulai menumpuk. Fokus utama perencanaan keuangan sebaiknya untuk alokasi dana darurat, dana pembelian rumah, serta investasi untuk dana pensiun. Apabila good money habit mulai terbentuk sejak pertama memperoleh penghasilan, maka berbagai tujuan keuangan lebih berpotensi untuk terwujud.

Koordinasi antardivisi dalam perusahaan untuk mencapai tujuan bersama. Divisi Pemasaran berkoordinasi dengan Divisi Produksi untuk memastikan order penjualan dapat dipenuhi. Dalam peran anggaran sebagai fungsi perencanaan, anggaran digunakan oleh manajemen sebagai alat perencanaan keuangan. Sementara fungsi pengendalian, manajemen menggunakan anggaran untuk pengendalian atas kinerja aktual yang telah dicapai. Berdasarkan trend watching tersebut, selanjutnya dilakukan analisis TWOS dan rumusan strategi di setiap matriks TWOS.

Plan untuk keuangan tahun depan

Orang membeli, bahkan memaksakan diri membeli, sesuatu yang diinginkan, bukan sesuatu yang dibutuhkan. Sebagian besar perusahaan belum bisa mem-PHK-kan karyawan karena tidak cukup memiliki likuiditas untuk membayar pesangon. Merumahkan karyawan menjadi pilihan karena gaji cukup dibayarkan sebagian.

Program Promosi adalah sebagai salah satu bentuk pembinaan kepada para Mitra Binaan dengan sasaran para mitra binaan dapat meningkatkan kapasitas produksi yang pada akhirnya menjadi tangguh dan mandiri. Program Pendidikan atau Pelatihan adalah sebagai salah satu bentuk pembinaan kepada para Mitra Binaan supaya menjadi tangguh dan mandiri. Pelaksanaan Program Pendidikan dan Pelatihan yang diberikan kepada Mitra Binaan dengan tujuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan dalam berusaha, sehingga mereka dapat lebih meningkatkan produktifitas. Sejak 10 Mei 2002 , pengelolaan K3 difokuskan untuk mencapai tingkat kecelakaan nihil atau zero accident. Program ini diselenggarakan berdasarkan peraturan ketenagakerjaan dan aturan K3 Dinas Tenaga Kerja setempat serta dievaluasi dan dinilai setiap tahun. Komitmen Angkasa Pura II untuk mewujudkan keamanan dan keselamatan di lingkungan kerja diwujudkan dalam kebijakan Perusahaan yang diatur dalam Keputusan Direksi No.KEP.088/KP.204/APII-2002.